Home Tekno Limbah Tambang Freeport Bisa Diolah jadi Bahan Konstruksi

Limbah Tambang Freeport Bisa Diolah jadi Bahan Konstruksi

53
0
SHARE

Perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia PT Freeport Indonesia, memiliki komitmen tinggi dalam melakukan konservasi lingkungan di area bekas tambang. Lokasi penambangan yang berada di kawasan mineral Grasberg, Freeport rutin melaksanakan reklamasi untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai dengan peruntukannya.

“Kita penanaman pohon, hutan mangrove, dan rehabilitasi di aliran sungai yang teraliri limbah dari hasil tambang PT Freeport Indonesia,” kata Vice President Environmental and Sustainable Development PT. Freeport Indonesia Dr. Gesang Setyadi, S.T., M.B.A., saat menyampaikan Kuliah Umum yang bertajuk “Pengelolaan Lingkungan di Area Pertambangan PT Freeport Indonesia”, Selasa (28/2), di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi UGM.

Gesang menyebutkan bahwa Freeport yang berada di Provinsi Papua Tengah di ketinggian 4200 mdpl mengelola beberapa produk tambang konsentrat berisi mineral berharga dari bijih emas dan ada beberapa metode penambangan yang dilakukan. Dikarenakan lokasi penambangan berada di kawasan hutan, pihaknya selalu melakukan audit dan pemantauan lingkungan dengan melibatkan berbagai lembaga guna melakukan vegetasi di wilayah yang terdampak penambangan.

Adapun limbah dari Freeport Indonesia, kata Gesang, dikirimkan ke Gresik untuk dikelola lebih lebih lanjut sehingga limbah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi. “Limbah tersebut bisa digunakan karena tingkat toxicity masih aman,” jelasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, limbah yang sudah dikelola menjadi bahan konstruksi tersebut sudah dimanfaatkan untuk pembuatan jalan dan jembatan. “Limbah yang masih berada di aliran sungai harapannya di masa depan dapat berperan menjadi daratan baru,” tegasnya.

Selain melakukan reklamasi, pihaknya juga melakukan rehabilitasi hutan di Jayapura untuk mengurangi bencana banjir di Jayapura dan meningkatkan keanekaragaman hayati dan konservasi lahan. “Kita pun melaksanakan program penyadaran dan pendidikan lingkungan dengan mengajak 1 siswa dan 1 siswi di SMP di wilayah yang terdampak untuk menjadi Pangeran Alam dan Putri Lestari,” jelasnya.

External Outreach CorCom PT. Freeport Indonesia Arland C. Suruan menyampaikan kegiatan tanggung jawab sosial PT Freeport Indonesia dengan masyarakat sekitar dilakukan dengan pemberdayaan dan pengembangan kompetensi masyarakat yang bertujuan membantu masyarakat Papua untuk berkembang. dalam kesempatan itu, ia juga menerangkan bahwa Freeport Indonesia terbuka untuk menerima peluang kerja dan magang untuk semua mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.