Home Tekno Bakal di Bangun Pengendali Banjir di Sekitar Bandara YIA

Bakal di Bangun Pengendali Banjir di Sekitar Bandara YIA

87
0
SHARE

www.ekbizz.com – Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) akan menargetkan proyek pengendalian banjir di Bandara YIA agar segera rampung pada tahun 2023. Menurut Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWSO, Yosiandi Rudi Wicaksono MT pada rekan media saat media gathering Kementrian PUPR di Hotel Royal Ambarrukmo (27/10) mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menerima pekerjaan semenjak september 2020.

“Saat ini belum ada perkembangan yang signifikan. Akan tetapi proses pengerjaan proyek pengendalian banjir di bandara YIA sudah digarap tetapi direncanakan selesai 3 atau 4 tahun mendatang,” katanya.

Posisi Bandara YIA diapit oleh dua sungai yang besar yakni sungai Serang dan Bogowonto. Tak hanya itu ada pula sejumlah anak sungai yang bermuara di pantai selatan Kulon Progo. Dalam studi lapangan yang telah dilakukan, dua sungai besar itu ada kalanya tak mampu menampung debit air mana kala terjadi hujan deras.

“Penting adanya untuk mengantisipasi adanya abrasi pantai serta pentingnya dibangun bendungan sebagai sistem pengendali banjir yang akan difungsikan disekitar bandara,” tambah Yosiandi.

Tak hanya itu, konsep dalam mengurangi debit air ini dapat diterapkan dengan sistem pompanisasi serta membuat kolam retensi. Tak hanya itu, pihaknya juga akan mempersiapkan lahan terbuka hijau yang fungsi sekundernya juga bisa digunakan sebagai ajang pariwisata. Dalam kegiatan ini, proyek tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 3.8 triliun serta akan membutuhkan lima ribu bidang tanah milik masyarakat.

Pihaknya sudah membebaskan dua ribu bidang tanah milik warga. “Kami berharap pengembangan yang telah direncanakan dari tahun 2018 itu bisa selesai tepat waktu,” tutupnya ramah.