Home Events Festival Dolanan Anak Tutup KKN UGM Di Blora

Festival Dolanan Anak Tutup KKN UGM Di Blora

26
0
SHARE

Mahasiswa KKN-PPM UGM Sub-unit Desa Kedungrejo di Kabupaten Blora menggelar Festival Dolanan Anak dan Layang-Layang di Balai Desa Kedungrejo. Festival tersebut dilaksanakan Jumat, 11 Agustus 2023 dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 sekaligus sebagai penutup dari rangkaian kegiatan KKN-PPM UGM di Tunjungan Kabupaten Blora.

Festival tersebut disambut baik oleh warga. Buktinya, ada sebanyak 25 tim yang mengikuti perlombaan layang-layang pada festival tersebut. Beragam bentuk layang-layang yang unik dan menarik meramaikan festival tersebut diantaranya berbentuk lebah, burung garuda, tokoh animasi kartun.

Tak hanya perlombaan layang-layang saja, pada saat yang bersamaan mahasiswa KKN-PPM UGM juga menampilkan Festival Dolanan Anak. Lewat festival tersebut mahasiswa UGM mengajak masyarakat bernostalgia masa lalu dengan memainkan permainan tradisional seperti dakon atau congklak, kelereng, gasing, egrang batok, lompat tali, gandring, dan egrang bambu.

“Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti lomba layangan dan memainkan permainan dalam festival dolanan. Kami berharap festival ini bis amenjadi agenda tahunan di Kedungrejo,”kata Kasi Pembangunan Desa Kedungrejo, Ajib.

Salah satu mahasiswa KKN UGM Sub Unit Desa Kedungrejo, Audi menjelaskan dalam rangkaian kegiatan tersebut turut diadakan lokakarya KKN-PPM UGM yang menampilkan berbagai hasil kreasi mahasiswa UGM selama melakukan KKN PPM di Blora. Beberapa yang ditampilkan antara lain permen nutrisi sapi atau mineral block, masker dan teh daun kelor, mesin pencacah rumput, dan lainnya.

“Dalam kesempatan itu kami menyerahkan beberapa dokumen yang merupakan hasil program kerja selama melakukan pengabdian. Beberapa diantaranya policy brief untuk Desa Kedungrejo yang bertajuk Urgensi Pembentukan BUMDes dan Lembaga Adat Desa dalam Upaya Peningkatan Kualitas Ekonomi dan Kebudayaan Masyarakat Desa Kedungrejo, peta infografis monografi Desa Kedungrejo, peta infografis hasil ternak dan hasil tani Desa Kedungrejo, serta desain kandang komunal ternak Desa Kedungrejo,”paparnya.

Dosen Pembimbing Lapangan dari Unit KKN-PPM UGM di Blora, Dr. Eko Setyobudi, S.Pi., M. Si., berharap dengan berbagai program kerja yang telah dilaksanakan, terutama festival di Desa Tunjungan dan Desa Kedungrejo, dapat mempererat jalinan hubungan kedua desa tersebut. Dengan begitu dapat terbentuk hubungan sister village di antara keduanya.