Home Travel Sukses! Masa Angkutan Lebaran 2024 KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta

Sukses! Masa Angkutan Lebaran 2024 KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta

11
0
SHARE

Setelah berlangsung selama 22 hari, masa angkutan Lebaran 2024 yang ditetapkan oleh KAI Commuter telah berakhir pada tanggal 21 April. Selama periode tersebut, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta berhasil melayani total 576.619 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 501.065 penumpang menggunakan Commuter Line Yogya-Palur, sementara 75.554 penumpang menggunakan Commuter Line Prameks.

Data menunjukkan tren kenaikan volume pengguna Commuter Line di wilayah 6 Yogyakarta dibandingkan dengan masa Lebaran tahun sebelumnya. Total volume pengguna Commuter Line wilayah 6 Yogyakarta meningkat sebesar 16% dari tahun sebelumnya, mencapai 495.230 penumpang.

Daerah tujuan utama pemudik seperti Kota Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, dan sekitarnya menjadi fokus peningkatan layanan. Selama masa libur Lebaran, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta menambah 6 jadwal perjalanan tambahan untuk Commuter Line Yogya-Palur, menjadi 30 perjalanan, dan 4 jadwal perjalanan tambahan untuk Commuter Line Prameks, menjadi 12 perjalanan per hari.

Penambahan jadwal tersebut mencatat rekor baru volume pengguna tertinggi, dengan 40.729 penumpang pada Commuter Line Yogya-Palur dan 6.082 penumpang pada Commuter Line Prameks, terjadi pada tanggal 13 April 2024. Stasiun Yogyakarta juga menjadi stasiun pemberangkatan dan kedatangan terbanyak dengan masing-masing 143.770 dan 143.903 penumpang.

Selama masa angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta berhasil mencatatkan tingkat ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan yang tinggi. Rata-rata ketepatan keberangkatan Commuter Line Yogya-Palur mencapai 97%, sedangkan Commuter Line Prameks mencapai 83%. Sedangkan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line Yogya-Palur adalah 90%, dan Commuter Line Prameks adalah 94%.

Kehadiran transportasi publik seperti kereta api Commuter Line selama masa angkutan Lebaran sangat membantu masyarakat dalam mobilitas antar kota, dengan harga tiket yang terjangkau, jarak tempuh yang terprediksi, dan menghindari kemacetan di jalan.

Selama masa angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada pengguna dengan menyediakan fasilitas air minum gratis di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Palur, serta penambahan fasilitas seperti toilet portable, perluasan musala, layanan pos kesehatan di Stasiun Palur, serta peningkatan layanan lainnya seperti dekorasi Idul Fitri 1445 H di stasiun-stasiun besar, penambahan signage, kursi tunggu, dan petugas layanan Customer Service.