Home Travel Tol Solo-Jogja Dibuka untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Tol Solo-Jogja Dibuka untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

15
0
SHARE

Boyolali – Menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2024, Jalan Tol Solo-Jogja akan kembali dibuka untuk memfasilitasi arus mudik dan balik. Keputusan ini diumumkan oleh Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto, dalam sebuah konferensi pers pada hari Selasa (26/3/2024).

Dalam pernyataannya, AKP Agista menyampaikan bahwa rencananya jalan tol tersebut akan dibuka mulai tanggal 5 hingga 16 April 2024. Namun, dia menekankan bahwa keputusan tersebut masih bergantung pada perkembangan situasi ke depan.

“Untuk Tol Solo-Jogja kemungkinan akan dibuka tanggal 5 sampai tanggal 16 (April 2024), tapi nanti kita menunggu perkembangan,” ujar AKP Agista.

Pembukaan jalan tol yang masih dalam tahap pembangunan ini akan dilakukan hanya pada siang hari, mirip dengan saat pembukaan fungsional selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebelumnya. Jalan tol akan dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Dibuka pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, itu cuma untuk kendaraan golongan satu nonbus,” jelasnya.

Adapun akses masuk ke jalan tol tersebut akan dilakukan melalui dua pintu. Kendaraan yang datang dari Tol Trans Jawa, baik dari arah Jakarta maupun Surabaya, dapat masuk melalui Exit Gerbang Tol (GT) Colomadu, yang langsung terhubung ke Tol Solo-Jogja. Sedangkan kendaraan yang datang dari jalan arteri Solo-Semarang dapat memasuki jalan tol melalui GT Banyudono.

“Dan itu masih gratis,” tambah AKP Agista.

Selain itu, ruas jalan tol Solo-Jogja yang dibuka untuk arus mudik Lebaran juga akan diperpanjang dibandingkan dengan periode Nataru sebelumnya. Jika sebelumnya hanya sepanjang 13 km, kini akan ditambah sekitar 10 km hingga Exit Ngawen, Klaten.

“Untuk keluarnya ada dua, bisa melewati (exit) Ceper, Karanganom dan di Ngawen. Ceper, Karanganom yaitu di STA 13, dan Ngawen di STA 23. Ada penambahan 10 kilometer yang kemarin Natal (Nataru) keluar di Karanganom, sekarang bisa keluar di Ngawen,” paparnya.

Dengan demikian, pembukaan jalan tol ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik dan balik dengan lebih lancar dan aman saat menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini.