Home Events AIMI Bantul Selenggarakan Event Dukungan Keluarga di Usia Emas Anak

AIMI Bantul Selenggarakan Event Dukungan Keluarga di Usia Emas Anak

225
0
SHARE

www.ekbizz.com – Golden Age atau Fase Emas adalah fase saat otak anak mengalami perkembangan yang paling cepat dalam pertumbuhannya. Kurang lebih 80% otak anak mengalami perkembangan pada usia 0-6 tahun. Pada usia inilah disebut fase emas tumbuh kembang anak, segala informasi mengenai kata-kata atau perilaku orang baik-buruk disekitar akan diserap seluruhnya dan akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan kognitif.

Faktor penentu keberhasilan mencetak anak yang berkualitas adalah dengan memanfaatkan suatu kesempatan emas, atau masa keemasan dalam periodisasi tumbuh kembang manusia dikenal dengan istilah The Golden Age. The Golden Age ini terdapat pada masa konsepsi, yakni sejak manusia masih sebagai janin dalam rahim ibunya hingga beberapa tahun pertama kelahirannya yang diistilahkan dengan usia dini, sehingga The golden age merupakan masa keemasan dalam periodisasi kehidupan ini, ternyata peranannya mengambil porsi cukup besar dalam menentukan kualitas manusia. The Golden Age merupakan masa yang sangat efektif dan urgen untuk dilakukannya optimalisasi berbagai potensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak manusia untuk menuju Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

AIMI (AsosiasiIbuMenyusi Indonesia) Cabang Bantul tidak hanya peduli pada pentingnya ASI dan menyusui serta memperjuangkan hak ibu menyusui, namun juga peduli pada tumbuh kembang anak, khususnya pada usia emas anak. Memberikan ASI pada bayi 0-2 tahun memberikan manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak. Diantaranya adalah, Perkembangan psikomotorik lebih cepat, menunjang perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif anak, kandungan taurin, DHA, AA, Omega 6 dan kandungan lainnya yang terdapat dalam ASI sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, selain itujuga, pemberian ASI dapat menguatkan ikatan kasih saying antara ibu dan anak.

AIMI Bantul membantu para orang tua untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman melalui kegiatan Bincang ASIk pada SelebrASI HUT 3 AIMI Bantul kali ini hari minggu tanggal 25 November 2018 di Kampung Mataraman. Tema bincang ASIk adalah “Dukungan Keluarga di Usia Emas Anak”,dengan materi I tentang Keberhasilan Menyusui disampaikan oleh Maria Primasari Dewi (Konselor Menyusui, Wakil Ketua AIMI Bantul) dan materi II tentang Parenting Dukungan Keluarga di Usia Emas Anak disampaikan oleh Bunda Cinta (Dosen, Konsultan dan Praktisi Psikolog)