Home Events Canthelan, Program Berbagi Selama Pandemi

Canthelan, Program Berbagi Selama Pandemi

211
0
SHARE

www.ekbizz.com – Ternyata doa dari mbak Arum Titisari dan mbak Ekan Ns bersama KAGAMA Care terkabul. Doa yang berbunyi “Semoga Program Canthélan bisa menular, berlanjut, dan berkah untuk semuanya. Amin.” Mengutip pernyataan penggagas awal Canthelan yaitu mbak Tyas. Dia merupakan alumnus UGM yang tergabung dalam ikatan alumni KAGAMA yang sehari-hari berprofesi sebagai wiraswasta.

Canthélan, awalnya merupakan program stimulus dari Kagama Care. Namun berkat lantaran tangan Tyas dan kawan-kawan, cantelan ini dapat dilaksanakan bahkan sampai sekarang beberapa warga sudah mulai ikut nyanthelke atau bahkan memberikan donasi uang. Canthelan sendiri adalah sebuah program yang digagas untuk untuk ketahanan pangan dan membantu masyarakat banyak di masa pandemi covid 19, dengan cara ‘mencanthelkan’ atau menggantungkan aneka sembako dalam wadah-wadah tertentu di setiap pos. Bentuk sembako yang dicantelkan antara lain beras, tempe, mie instan, terong, telur, santan sachet, dan aneka bumbu dalam satu wadahnya.

Posko ” KC Canthélan” ini dibagikan ke dusun Kleben, Kal. Sidorejo, Kec. Godean, Sleman. Dusun yang terdiri dari 4 RT. Dengan RT 1 & 2 berdekatan sementara RT 3 terbatas embung dan RT 4 terpisah pereng dan berjarak kurang lebih 1 km dari RT yang lain. Untuk saat ini bantuan baru diterima RT 1, 2 dan 3 sementara RT 4 masih mengalah karena sudah pasti jarak yang jauh. Mayoritas penduduk bermata pencaharian buruh tani, pembuat batu bata, pekerja serabutan, dan beberapa janda-janda atau duda-duda sepuh. Dan sekitar 75% dari warga terdaftar sebagai penerima bantuan desa dan dinas pemerintahan.

Sampai saat ini, program sudah hampir berjalan 1 bulan, dan tidak diduga tim canthelan mendapat kabar bila Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes wakil bupati sleman akan datang untuk melihat program cantelan. Jumat 12 Juni 2020, ibu wakil bupati beserta rombongan akhirnya datang ke dusun tersebut. Ia sangat mengapresiasi gerakan masyarakat yang tidak disuruh, namun berinisiatif untuk mengadakan program yang merupakan program ketahanan pangan terkhusus di masa pandemi Covid-19. Beliau juga berharap ke depan bisa dikembangkan dan dilengkapi dari segi komposisi canthelan terkait adanya vitamin, karbohidrat, lemak, gizi, serat dll,’’ tuturnya.

Selain meninjau lokasi, beliau dan tim menyerahkan tambahan donasi berupa sembako untuk warga. Tak lupa camat Godean yang juga hadir bersama tim juga turut berpartisipasi dalam mendukung program dengan membantu sembako. Sebelum meninggalkan tempat, beliau juga mengunjungi beberapa titik dan tim dari Kabupaten Sleman juga turun serta menyerahkan langsung bantuan bahkan sampai ke rumah warga yang berada di lereng bukit Gunongso/Tegalrejo Kleben.

Tim canthelan mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu baik Pemerintan Kabupaten Sleman, Kecamatan Godean, Pemdes Sidorejo, Bapak Kepala Dusun Kleben VII dan perangkatnya serta terkhusus bagi para donator “Lemah teles kagem panjenengan sami, Gusti Allah ingkang mbales kasaenan panjenengan”. Tim juga masih terbuka jika ada para donator yang akan membantu untuk kegiatan tersebut bisa kontak ke nomor 095740573712 (Purnomo) atau 081328016831 (Tyas).