Home Perbankan Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Yogyakarta

Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Yogyakarta

28
0
SHARE
BRI (Istimewa)

Pameran Lembaga Jasa Keuangan atau Financial Expo (FinExpo) hadir kembali di tahun 2023, dengan tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antar Regulator (Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan), Self Regulatory Organization (SRO), dan Lembaga Jasa Keuangan dalam mendukung kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK).

FinExpo 2023 diselenggarakan di Pakuwon Jogja Mall selama 4 hari mulai tanggal 26 hingga 29 Oktober 2023. Sebagai rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), hari ini (26/10/2023) kegiatan FinExpo 2023 telah resmi dibuka oleh Bapak Aman Santosa (Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Kounikasi OJK), Ibu Wani Sabu (Ketua FinExpo 2023) dan Bapak Arjanto (Wakil Ketua FinExpo 2023) di Pakuwon Jogja Mall. Melalui pelaksanaan kegiatan FinExpo ini diharapkan dapat mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024 sebagaimana arahan Presiden RI.

Pada pelaksanaan kegiatan FinExpo kali ini, diselenggarakan untuk pertama kalinya Syariah Financial Fair (SYAFIF) sebagai upaya mendorong pemahaman masyarakat serta perluasan akses terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan syariah. Pelaksanaan SYAFIF diharapkan menjadi wadah bagi Lembaga Jasa Keuangan syariah dalam menawarkan produk dan/atau layanan yang disertai dengan kegiatan talkshow dan edukasi keuangan syariah.

Pelaksanaan FinExpo 2023 diikuti oleh 102 peserta yang terdiri dari berbagai industri jasa keuangan baik konvensional dan syariah seperti perbankan, perasuransian, pasar modal, pembiayaan, pergadaian, fintech, hingga para pelaku UMKM. Melalui acara ini, masyarakat akan mendapatkan berbagai promo produk keuangan berinsentif seperti bonus, cashback, reward dan berbagai penawaran menarik lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diberbagai lapisan masyarakat. Selain itu dalam upaya mendorong pelindungan konsumen, terdapat juga layanan Sistem Informasi Layanan Keuangan (SLIK), serta pengaduan konsumen produk/layanan jasa keuangan.

Acara ini juga dimeriahkan pula dengan berbagai macam kompetisi, seperti kompetisi Ranking Setunggal, FinSmart tingkat SMP/MTS, Fashion Show Competition Bangga Berkain, Lomba Mewarnai BipBip bersama Gramedia, IG Reels/TikTok Competition, kids activity art class seperti paper craft, lego robotics serta penampilan musik dari musisi ternama seperti Anji, Idgitaf, GAC dan masih banyak hal seru lainnya.

FinExpo 2023 juga dimeriahkan berbagai macam games seperti snake & ladders, gold in the box, digital interactive kinect games, serta primbon Jawa. Setiap harinya akan ada pengundian doorprize seperti Notebook, Handphone, Tablet, Smart Watch, Sepeda Listrik, serta Hadiah Grand Prize : All New Ayla 2023.