Home Properti Habis Rakerda, DPD HIMKI DIY, Bubar

Habis Rakerda, DPD HIMKI DIY, Bubar

311
0
SHARE

DPD HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya bubar setelah menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Pesonna Malioboro-Ngupasan, Yogyakarta. Para pengurus yang berjumlah 70 tersebut akhirnya sudah tidak bergabung lagi dengan DPP HIMKI pusat.

Hal ini terjadi lantaran DPD HIMKI DIY seperti di pecah belah oleh DPP HIMKI pusat lantaran membentuk DPD HIMKI Sleman Raya dan wacana DPD HIMKI Bantul Raya yang sebenarnya sudah melanggar AD-ART organisasi.

Pemecahan DPD dalam satu provinsi ini membuat para perajin mebel tak solid dan makin lemah. “Kinerja menjadi turun tak fokus dan makin tidak terkonrol,” jelas ketua DPD HIMKI DIY, Timbul Raharjo.

Hal yang tak sejalan ini berawal dari kritik yang sering disampaikan oleh DPD HIMKI DIY kepada DPP HIMKI pusat dianggap sebagai sebuah ancaman bagi HIMKI pusat. Padahal masukan-masukan itu sebenarnya untuk meluruskan yang tidak sesuai dengan track-nya. Hal itu diperkuat oleh tim Jogja yang sering sukses menggelar acara-acara menarik yang pastinya dapat mendatangkan buyers dan investor.

“Ide kreatif dan terobosan inovasi baru, cara pemasaran produk mebel dan kerajinan Jiffina untuk mengangkat perekonomian daerah ini telah dianggap sebagai suatu pembangkangan perintah dari DPP HIMKI, tidak patuh terhadap perintah DPP HIMKI pusat,” kata Timbul.

keberadaan DPD HIMKI Sleman Raya sejak dua tahun lalu, sebagai hasil rekayasa DPP HIMKI, dinilai tidak dapat menggoyahkan DPD HIMKI DIY, maka dimunculkanlah tandingan baru yaitu DPD HIMKI Bantul Raya, namun pengurus yang ditunjuk oleh DPP HIMKI ditaungguhkan sambil melakukan komunikasi dengan DPD HIMKI DIY. Tujuannya sama, yakni untuk mengkerdilkan keberadaan DPD HIMKI DIY.