Home Events Pengajian Seneng Takon #6: Pendidikan yang Membebaskan dan Berkarakter

Pengajian Seneng Takon #6: Pendidikan yang Membebaskan dan Berkarakter

33
0
SHARE

Www.ekbizz.com – Bulan Mei identik dengan Hari Pendidikan Nasional. Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, Pengajian Seneng Takon menghadirkan tema “Pendidikan yang Membebaskan dan Berkarakter”. Pengajian tersebut diselenggarakan pada 19 Mei 2019, pukul 15.00 WIB di Rumah Budaya Siliran, Jl. Siliran Lor, No. 28, Penambahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta.

Pengajian Seneng Takon telah enam kali diselenggarakan dengan berbagai tema, dari mulai tema seni budaya, keuangan, digital, hingga tema literasi. Spesial di bulan Mei ini, panitia memilih tema pendidikan.

“Pendidikan kita kadang berupaya menyeragamkan peserta didik sehingga mereka merasa bosan. Ini jelas kurang menguntungkan. Pendidikan yang membebaskan akan cenderung menempatkan peserta didik sebagai subjek. Mereka berhak penentukan pilihan mereka sendiri. Di sisi lain, kita perlu memberikan pendidikan yang berkarakter, dengan harapan agar mereka tidak keluar dari jalur yang kita harapkan terkait moralitas,” kata KH. Ihsanudin selaku penggagas Pengajian Seneng Takon.

Seperti biasanya, Pengajian Seneng Takon akan memberikan waktu khusus bagi audiens untuk terlibat dalam diskusi dengan dipandu moderator Miko Cak Coy Pathok Negoro. Sementara untuk narasumber tamu, dihadirkan pula Faiz Ahsoul (pegiat literasi dan pendidikan popular) dan Ibnu Gundul (pendiri Omah Casting).

“Ada dua narasumber tamu yang kita hadirkan. Mas Faiz sebagai aktivis dan Mas Gundul sebagai pelaku pendidikan yang membebaskan. Harapannya kita akan mendapatkan wacana-wacana alternatif tentang pendidikan. Bagi peserta yang ingin bertanya, kami juga menyediakan doorprise menarik. Sangat disayangkan untuk dilewatkan.” Sahut Pak Budiantoro selaku ketua Pengajian Seneng Takon.

Sebagaimana tradisi Pengajian Seneng Takon, kegiatan ekonomi dalam skala kecil juga disertakan, yaitu stand bazar. Panitia memberikan ruang bagi siapa saja untuk membuka stand bazar selama pengajian berlangsung. Namun harus menghubungi panitia agar dapat ditata rapi. Bagi yang berminat bisa menghubungi Cak Pipin di nomor 085645641872.

“Karena ini di Bulan Ramadlan, kami juga menyediakan takjil untuk berbuka puasa.” Tutup Cak Pipin.

Selain itu, dimeriahkan juga dengan berbagai pertunjukan. Di antaranya adalah musik akustik Linda & Friends. Secara terbuka dan gartis, panitia mengundang seluruh masyarakat.