Home Perbankan Surat Utang Negara, Investasi Zero Risk Bakal Segera Rilis

Surat Utang Negara, Investasi Zero Risk Bakal Segera Rilis

471
0
SHARE

www.ekbizz.com – Memiliki investasi dengan nol resiko akan menjadi pilihan nasabah jaman now. Seperti yang akan dilakukan oleh Kementrian Keuangan yang akan segera mengeluarkan Surat Utang Negara (SUN) Retail Seri SBR003 secara online mulai 14 Mei 2018.

Menurut Choirul Adi, perwakilan Kementrian Keuangan dalam acara Sosialisasi dan Edukasi SUN Retail Seri SBR003 di Eastparc Hotel (09/05) mengatakan, SUN kini dijual secara umum pada masyarakat mengingat investor asing masih menduduki posisi puncak dalam status kepemilikan Surat Berharga Negara. Sedang masyarakat umum saat ini baru 30% saja dari status kepemilikan.

“Masyarakat indonesia dapat melihat negara Jepang yang masyarakatnya memiliki 90% SUN. Proyeksinya yakni jika semakin banyak masyarakat memiliki surat ini, maka negara kita akan semakin mandiri tanpa tergantung asing,” katanya.

Jika ditilik dari sisi keuntungan, Ia menjelaskan, keamanan investasi SBR003 dterjamin keamanannya oleh negara meskipun suku bunga menurun sekalipun.

“Keamanan sudah jelas, ganti presiden sekalipun kebijakan apapun akan tetap aman investasinya karena dijamin oleh undang-undang. Suku bunga naik akan turut naik namun apabila terjadi penurunan, investasi pun akan tetap aman,” tambahnya semangat.

Kabar baiknya, SBN Seri003 dapat dibeli secara online melalui platform investasi reksa dana online tanamduit. Dalam keterangan melalui rilisnya, CEO tanamduit, Rini Hapsari mengatakan bahwa SBR merupakan instrumen investasi yang bisa dibilang zero risk, karena pembayaran pokok dan bunganya dijamin oleh negara.

“Produk ini cocok untuk semua tipe profil risiko nasabah, terutama yang memiliki profil risiko konservatif. Cara belinya cukup mudah dengan melakukan registrasi menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga. Setelah berhasil mendaftar, nasabah akan dikirimkan email berisi informasi mengenai SID dan nomor rekening surat berharga,”

Melalui platform tanamduit, investor bisa melakukan transaksi pembelian produk SBR, mengamati serta menikmati keuntungan investasi yang dikirimkan ke rekening bank tiap bulannya. “Dengan sistem pembelian secara online ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di SUN Ritel khususnya SBR003 dan akhirnya mewujudkan masyarakat yang punya kesadaran berinvestasi,” pungkasnya.