Home Events Gamelan 4.0 Ini Bius Penonton Milenial

Gamelan 4.0 Ini Bius Penonton Milenial

252
0
SHARE

www.ekbizz.com – Tampak ada yang berbeda dari penampilan Tashoora, band hits Jogja ini memadukan musik modern dengan gamelan dan hasil akhir yang dicapai pun, ‘boom’ banyak yang takjub dengan karya ini. Penonton yang mulai menyemut semenjak jam 19.00 WIB, pun tak surut akan rintik hujan yang mulai menyapa Lapangan GSP UGM (30/11).

Event akbar unik ini diinisiasi oleh fakultas ilmu sosial ilmu politik (fisipol) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam rangka Lustrum ke-14 UGM dan Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (fisipol) ke-64. Event bertajuk Rhapsody Of The Archipelago: Gamelan 4.0 (ROAR GAMA) ini menghadirkan sejumlah band kenamaan lain seperti Letto, FSTVLST, Mantra Vultura, dan OM New Pallapa feat Brodin.

Menurut Prof Dr Erwan Agus Purwanto, Dekan FISIPOL UGM mengatakan bahwa event ini merupakan Statemen Politik Kebudayaan Nusantara. “Potensi kreatif berbasis lokal bisa memberi sumbangan berharga bagi peradaban musikal global,” katanya.

Mengemas setiap lagu dengan gamelan, acara ini berupaya mendekatkan gamelan dengan kesukaan anak muda. Bahkan beberapa lagu yang dinyanyikan seringkali disambung ataupun diubah liriknya menggunakan bahasa jawa, seperti Letto pada lagu Sebelum
Cahaya.