Home Events Pemeriksaan Genomik Bisa Cegah Segala Macam Penyakit?

Pemeriksaan Genomik Bisa Cegah Segala Macam Penyakit?

72
0
SHARE
Profesor Gerard Pals, kedua dari kiri dan dr. Dian Kesuma Pramudya Nurputra, ketiga dari kiri

www.ekbizz.com – Perkembangan teknologi didunia kesehatan mengalami lompatan besar yang berimplikasi pada kesehatan manusia. Melalui pemeriksaan genomik, seseorang dapat memiliki kesempatan hidup lebih panjang karena dapat terhindar dari penyakit. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan pemeriksaat genomik?

Secara umum, pemeriksaat genomik adalah cara yang dilakukan oleh Prodia dalam menganalisa kesehatan seseorang melalui genom. Pemeriksaan ini didasarkan atas kondisi personal. Akhirnya, klinisi dapat mengetahui karakter tubuh seseorang baik secara struktural maupun fungsional dari makro ke level mikro. Sehingga, pemeriksaat ini sangat bermanfaat sekaligus membantu klinisi memprediksi sebuah penyakit.

“Keuntungannya lagi, mereka akan mendapat obat yang tepat sesuai dengan penyakit yang diderita. Tak hanya itu, dalam proses pencegahan, hasil pemeriksaan genom ini membantu seseorang untuk merubah gaya hidup agar lebih displin,” jelas narasumber seminar, dr. Dian Kesuma Pramudya Nurputra.

Di Belanda, pemeriksaan genomik ini sudah berlangsung sejak tahun 1989. Menurut Profesor Gerard Pals, PhD dari VU University Medical Center, Amsterdam, Belanda, yang juga Guru Besar Kehormatan di Universitas Gadjah Mada, menjelaskan, genomik adalah bidang yang mempelajari genom, untuk memahami bagaimana dan apa akibat dari interaksi antar-gen serta pengaruh lingkungan terhadap gen.

Kemudian, pemeriksaan genom ini menjadi hal yang sangat dianjurkan dan di-cover asuransi di Belanda karena upaya pencegahan ini sejatinya jauh lebih murah biayanya jika dibandingkan dengan pengobatan.

Dalam penerapannya dibidang medis, Regional Head Prodia Central Java, Endang Hariyani SE,MM mengatakan, dengan adanya pemeriksaan genomic, masyarakat dapat membuka paradigma baru dalam menilai risiko penyakit yang mendukung preventive medicine.

Layanan Prodia Genomic menggunakan teknologi terbaru microarray, sehingga untuk pemeriksaan genomic tidak perlu lagi ke luar negeri. Proses pemeriksaan sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Hasil dari pemeriksaan ini, nantinya klien akan mendapatkan catatan kesehatan dalam bentuk ‘book of life’ yang berisi seluruh hasil pemeriksaan. Hasil akhirnya tentu akan dapat merubah gaya hidup seseorang untuk hidup lebih sehat lagi dan dapat mencegah sejumlah resiko penyakit tidak menular atau dikenal dengan Non-Comunicable Disease (NCD).