Home Events Aktris Donita Bocorkan Rahasia Menjaga Nutrisi untuk Ibu Hamil

Aktris Donita Bocorkan Rahasia Menjaga Nutrisi untuk Ibu Hamil

269
0
SHARE

www.ekbizz.com – Hadir di acara Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS) di Yogyakarta, Sabtu (13/10) presenter sekaligus aktris asli Kota kembang Bandung, Donita tampak semangat memberikan testimoni didepan ratusan ibu-ibu yang mengikuti kegiatan itu di Hotel Harper.

Istri dari presenter ternama Adi Nugroho ini mengaku memiliki rahasia dalam menjaga kesehatan tubuh yakni dengan memberikan nutrisi serta gizi baik untuk dirinya maupun untuk sang buah hati. Menariknya, ibu yang kini memiliki dua orang anak itu pun masih terus memberikan asupan ASI eksklusif untuk anak keduanya.

“Bersyukur sekali bisa sharing bareng ibu-ibu di Jogja ya,” tukasnya ramah.

Semenjak kehamilan anak kedua, wanita kelahiran 14 Februari 1989 tersebut mengaku sering merasa mual dan nafsu makan berkurang. Makanan yang masuk kadang dimuntahkan dan akibatnya gizi dan nutrisi tak terserap dengan baik.

“Sampai kadang bawa kantong plastik gara-garanya sok muntah,” ungkapnya.

Karena tak ingin dirinya dan buah hati kekurangan nutrisi, ia kemudian mengasup suplemen Blackmores Pregnancy & Brest-Fedding Gold saat hamil anak kedua. Hingga kini pun ia terus secara rutin mengonsumsi suplemen itu. Menurutnya ibu menyusui tetap butuh suplemen untuk meningkatkan kualitas ASI.

“Suplemen ini berfungsi melengkapi gizi serta nutrisi disamping makanan yang kita asup sehari-hari. Kadang orang itu ya sekarang malah lebih memilih membeli paket data dari pada mengasup suplemen nutrisi. Nah, kegiatan semacam ini dapat menyadarkan para ibu untuk tetap dan wajib memperhatikan kesehatan dan ketersediaan gizi pada diri dan sang buah hati,” tambahnya semangat.

Dilokasi yang sama, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Edo Raditya mengatakan, pentingnya menjaga nutrisi si kecil selama 1000 hari pertama kehidupan.

“Setiap ibu diharapkan dapat memahami pentingnya pemenuhan asupan gizi dan nutrisi sesuai angka kebutuhan gizi yang ditetapkan pemerintah,” terangnya.

Menurutnya, tumbuh kembang bayi akan sangat optimal apabila nutrisi dan gizinya cukup. Secara umum, ibu hamil membutuhkan asupan asam folat sebanyak 400-600 mikrogram setiap hari untuk mencegah janin cacat.

Sementara ibu menyusui membutuhkan 500 mikrogram. Selain itu bumil dan busi juga membutuhkan asupan kalsium, zat besi, Vitamin C, B1, B2, B3 dan Yodium. Seluruh nutrisi dan vitamin itu bisa didapatkan dari sayuran, buah dan lauk sehari-hari.