Home Events 6 Seniman Pamer Karya di ARTOTEL

6 Seniman Pamer Karya di ARTOTEL

38
0
SHARE

Yogyakarta selalu menjadi salah satu destinasi wisata dengan banyak keunikan, mulai dari makanan, pakaian, hingga karya seni. Kota ini pula selalu memberi kesan yang menyenangkan dengan atmosfer yang ngangenin di tiap sudut Yogyakarta. Kota ini juga digadang-gadang memiliki jutaan seniman yang memiliki cerita tersendiri tentang Yogyakarta. Karya-karya yang dilahirkan oleh seniman-seniman tersebut sendiri bisa kita nikmati dimana saja salah satunya di ARTOTEL Yogyakarta.

ARTOTEL Yogyakarta resmi dibuka di penghujung tahun 2017. Terinspirasi dari kearifan lokal kota Yogyakarta yang menginspirasi ARTOTEL Yogyakarta menggunakan unsur anyaman di beberapa fasilitas interior hotel baik di ruang publik maupun kamar, hingga di façade bangunan pun dibalut dengan anyaman sintetis. Anyaman memiliki filosofi keseharian dalam jalinannya, anyaman tidak bisa dilakukan dengan satu material tunggal. Ia harus bersama-sama, sehingga ARTOTEL Yogyakarta menerapkan unsur anyaman dalam konsep rancang desainnya dengan tema “Keselarasan dan Harmoni”.

Untuk menciptakan unsur artistik pada fasilitasnya, ARTOTEL Yogyakarta berkolaborasi dengan 6 seniman lokal di Yogyakarta. Proses pemilihan seniman dan penentuan karya seni yang dibuat, dan dikurasi oleh Heri Pemad, seorang kurator ternama dari Yogyakarta yang juga penggagas dan pendiri ARTJOG. Ke-enam seniman ini memberikan kesan “folklore” dalam setiap sudut ruang kamar, dan seluruh area hotel. Dimulai dengan cerita legenda Roro Jonggrang, Aji Saka pencipta aksara jawa dan kebudayaan di tanah Jawa, ‘’Punakawan’’ sebuah cerita rakyat dengan gaya komik dan ilustrasi, tentang legenda Gunung Tidar yang direpresentasikan sesuai gaya street art, dan juga legenda Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan dan kemakmuran yang terletak di area restaurant.

ARTSPACE merupakan wadah bagi seniman-seniman lokal yang ingin memamerkan karya seninya melalui kegiatan pameran yang berada di lobby ARTOTEL Yogyakarta. Pameran karya seni ini akan terus berganti setiap dua bulan, sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda bagi pengunjung hotel. Hal ini tentunya juga bertujuan untuk membantu para seniman lokal agar bisa berekspresi dan memiliki ruang yang lebih luas serta dinamis untuk bertemu dengan penikmatnya. Tidak hanya itu, ARTSPACE ini juga berfungsi sebagai tempat meleburnya antara tamu dan seniman serta komunitas-komunitas yang ada di Yogyakarta. Pameran karya seni ini sangat terbuka bagi seniman-seniman lokal dan dapat dinikmati oleh pengunjung ARTOTEL Yogyakarta secara gratis.

Dengan adanya konsep dan keunikan yang diberikan oleh ARTOTEL Yogyakarta sendiri membuat pengalaman menginap menjadi lebih seru dan menyenangkan. Tamu disuguhkan dengan karya-karya seni dengan warna-warna yang vibrant di tiap dinding kamar dan hotelnya. Di hotel inilah anda bisa menikmati karya seni sambil staycation bersama orang-orang terkasih.