Home Events Gerbang Masuk Bemandry Sebelum Luncurkan Mini Album

Gerbang Masuk Bemandry Sebelum Luncurkan Mini Album

456
0
SHARE

Sempat vakum selama beberapa tahun di dunia musik, Bemandry, musisi yang saat ini menetap di Yogyakarta kembali memperkenalkan karya terbarunya berjudul “Saka & Lara”, yang merupakan original sountrack dari novel AMOR FATI, karya buku dari Stefani Bella (Bella) dan Syahid Muhammad (Iid).

Terakhir kali, musisi yang akrab dengan sapaan Bem ini sempat menelurkan mini album berjudul “Without You” pada tahun 2013, saat ia masih tergabung bersama grup musik terdahulunya di Kota Bandung bernama Flyingpaper. Kata Bem, single terbaru darinya ini terinspirasi dari novel terdahulu Bella dan Iid berjudul KALA. Dari banyaknya kisah yang ditemukannya dalam buku tersebut, Bem mendapatkan ide untuk merespon KALA menjadi bentuk karya lain.

“Jadi waktu itu (Oktober 2017) saya sedang aktif-aktifnya lagi nulis cerita fiksi, dan saya lagi butuh banget referensi bacaan untuk menstimulan datangnya ide. Karena dari dulu sebelum bikin tulisan atau musik, saya selalu menyempatkan diri membaca sesuatu sebagai pemancing. Singkat cerita saya main ke salah satu toko buku, dan di sana saya menemukan novel judulnya KALA. Entah mengapa mata saya seperti disihir pada pandangan pertama. Walau jujur aja sih waktu itu saya memilih untuk membeli novel itu cuma gara-gara suka sama covernya aja,” ungkap Bem sambil tertawa.

Setelah memiliki buku tersebut, Bem langsung membacanya sebagai pembuktian bahwa bukan hanya cover bukunya saja yang menarik perhatiannya, namun juga isi dalam karya itu.

“Entah mengapa tiba-tiba banyak banget nada ada di dalam kepalaku setelah membaca novel itu (KALA). Saya juga heran kok bisa begitu, padahal udah bertahun-tahun nggak main musik. Dan saya pun langsung membuat lagu itu (Saka & Lara) tanpa tahu mau di kemanain lagunya setelah selesai,” jelas Bem.

“Setelah itu, saya memberanikan diri untuk mengenal lebih dekat kedua penulis dari novel KALA melalui media sosial. Dan Alhamdulillah ternyata Bella dan Iid orangnya welcome banget. Saya bisa berteman sama mereka, bahkan pernah jumpa ketika mereka sedang ada bedah buku di Jogja,” lanjut pria yang lahir di Jakarta, 7 September 1991 silam itu.

Dari perkenalan itu, Bem belum mengemukakan tentang lagu yang ia buat dari inspirasinya setelah membaca buku itu. Hingga pada akhirnya pada suatu kesempatan, salah satu dari penulis novel itu bercerita bahwa KALA akan segera memiliki kisah lanjutan yang termuat dalam buku berjudul AMOR FATI. Di situlah Bem terbuka bahwa dirinya sempat membuat sebuah lagu dari hasil responnya terhadap KALA.

“Mas Bem waktu itu cerita kalau dia bikin lagu yang terinspirasi dari novel KALA. Terus dia kirim rekaman lagu yang baru direkam pakai handphone, dan kami suka. Lalu aku dan Mas Iid iseng aja cerita ini sama penerbit (Gradien Mediatama) yang bakal terbitin buku kedua kami. Dan ternyata penerbit suka dan minta Mas Bem buat segera melakukan rekaman. Hingga pada akhirnya lagu Saka & Lara ini kami setujui menjadi original soundtrack dari AMOR FATI,” papar Bella.

Terwujudnya mimpi

Selain menjadi awal baginya kembali di dunia musik, single “Saka & Lara” yang dirilis bersama novel AMOR FATI beberapa waktu lalu, diakuinya menjadi telah menjadi momen di mana salah satu mimpi besar Bem sejak lama bisa terwujud. Dulu, ketika ia masih menjadi mahasiswa ia ingin sekali membuat musik-musik untuk sebuah novel yang sudah ia baca.

“Contohnya seperti bukunya Andrea Hirata, Tere Liye dan lainnya. Setelah membaca novel itu saya selalu terpikir untuk membuat lagu. Dan Alhamdulillah sekarang baru terwujud. Ini mimpi besar saya sejak lama,” ujarnya.

Tambahnya, melalui single Saka & Lara ini ia sebut sebagai gerbang masuk bagi dirinya sebelum merilis mini album yang rencananya akan diperkenalkan pada khalayak luas dalam waktu dekat. Saat ini ia sedang mempersiapkan beberapa materi yang direncanakan akan ada di dalam mini albumnya nanti.

“Ya mudah-mudahan semua prosesnya lancar. Kemarin lagu Saka & Lara ini dirilis dalam bentuk rilisan fisik sebanyak 700 keping. Buat teman-teman yang belum sempat dengar laguku ini, Insya Allah dalam waktu dekat aku bakal ngerilisnya secara gratis di akun soundcloudku, juga dalam bentuk video lirik yang melibatkan salah satu seniman grafis asal Kota Bandung, namanya Pasca Perdana. Nanti video liriknya saya rilis lewat youtube channelku,” tutup Bem.