Home Events Tiga Event Keren Bakal Ada di Jogja

Tiga Event Keren Bakal Ada di Jogja

477
0
SHARE
Didik Nini Thowok saat Prescon Kulfest 2017 di Kulon Progo

www.ekbizz.com – Minggu ini dan minggu depan lebih tepatnya akan memiliki cukup event ikonik yang bisa Anda sambangi. Meski sudah masuk musim hujan, namun event ini tetap saja akan mengundang banyak pengunjung karena syarat dengan hiburan sekaligus sesuatu yang asik-asik. Berikut 3 event ekonik yang bisa Anda nikmati di Jogjakarta.

1. Ngayogjazz
Berasal dari peribahasa jawa “Wani Ngalah Luhur Wekasane” yang artinya siapa yang berani mengalah (bukan berarti kalah) akan mendapatkan kemenangan di kemudiannya. Tagline ini muncul melihat perkembangan dinamika bangsa ini yang makin banyak orang ingin menang sendiri dan membawa atau memaksakan kebenaran mereka sendiri tanpa bisa menerima pikiran dan pendapat orang lain. Dalam Ngayogjazz inilah diharapkan orang bisa sadar untuk mengalahkan ego mereka masing-masing melalui musik jazz.

Musik jazz yang bersifat individual tapi komunal mengajarkan berdemokrasi dalam bermain musik, di mana masing-masing pemain saling menghormati improvisasi dan permainan musisi yang lain, ada saling mengalah dan menghormati untuk menghasilkan harmonisasi yang serasi, sehingga menjadi “kemenangan” bersama. Wani Ngejazz Luhur Wekasane juga bisa diartikan : Siapa yang berani untuk mengapresiasi musik Jazz akan mendapat kemuliaan. Mengapresiasi di sini bukan hanya bermain musik jazz, tapi juga bisa mendengarkan, menonton, dan hadir di Ngayogjazz.

Ngayogjazz 2017 akan berlangsung pada Sabtu Pahing, 18 November 2017, Pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB bertempat di Kledokan, Selomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. Event ini akan berlasung dengan sejumlah konten asik yang bisa Anda ikuti seperti Panggung Permainan Musik Jazz, Pasar Jazz, Pameran Foto, dan Pentas Kesenian tradisional. Dipastikan akan hadir sejumlah musisi kenamaan seperti 1. Gugun Blues Shelter, Sri Hanuraga Trio Ft. Dira Sugandi, Bintang Indrianto – Gambang Suling, dan Endah N Rhesa. Tak hanya itu total pengisi acara pun bejibun yakni 38 pengisi acara.

2. Jogjakarta Vokswagen Festival (JVWF)
Event ini sangat ditunggu kehadirannya mengingat kegiatan ini berlangsung dalam 2 tahunan. Meski penyuka kendaraan ini spesifik, namun pecinta otomotif di Jogja cukup besar. Sumartoyo, Ketua Umum Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk memamerkan jenis-jenis VW serta berupaya terus untuk melestarikan keberadaan VW di dunia dan Indonesia. Secara umum,  perhelatan ini turut memberikan manfaat bidang pariwisata karena akan diikuti pecinta-pecinta VW baik dari dalam maupun luar negeri.

Tak hanya itui, pecinta VW juga akan mendapatakn lucky draw jika beruntung. Ada sebuah mobil VW yang dicustom selama 3 bulan di Jogjakarta. Project ini digawangi oleh Anton Sodewo dengan mengajak 10 orang lain di tim yang dikerjakan di beberapa tempat. “Menariknya, Velgyang kami pasang ini khusus kami pesan dari Inggris, jadi masih impor kita,” katanya semangat.

JVWF berlangsung pada 17-19 November 2017 di Jogja Expo Center. Rencananya akan hadir 2.000 mobil, termasuk 600 perwakilan luar negeri seperti Malaysia, Singapur, Thailand, Australia, AS dan Eropa. Tiket masuk sangat murah yakni hanya Rp 30 ribu saja.

3. Kulfest 2017
Kegiatan ini merupakan event perdana di Kabupaten Kulon Progo. Secara umum, event ini diinisiasi oleh Kabupaten Kulon Progo, bersama seniman Didik Nini Thowok dan PT Damar Nusantara Tama membuat event keren ini. Acara itu bakal diadakan selama tiga hari dari 24-26 November di Bendung Khayangan, Desa Pendoworejo, Girimulyo. Kulfest akan menghadirkan berbagai tim kesenian tradisional dalam dan luar negeri seperti Gending Sriwijaya (Palembang), Sanggar Seni Saba Sari (Bali), Joko Mursito (Kulon Progo), Shindu Raj (India), Akira Matsui (Jepang), Nafee Sasongkroh (Thailand), Liz Lea (Australia), dan masih banyak lagi.

Sementara dari grup band dan musisi kekinian juga akan hadir seperti Andien, Sheila On 7, Payung Teduh, Endank Soekamti, Mondo Gascaro, dan Gugun Blueshelter. Selain pagelaran tari dan musik, Kulfest juga diramaikan berbagai kegiatan fotografi, sinematografi, seni, kerajinan, serta olahraga.